Kamis, 21 September 2017

Tutorial Membuat Model Dan Prefab

Ok gan Assalamualikum wr.wb,Dengan rahmat allah swt,saya masih bisa diberi kesempatan untuk menulis tutorial ini dengan sepenuh hati,Dengan tujuannya tutorial ini,agar kalian bisa memahami konsep konsep pada game ETS2 dan mengembangkannya menjadi cita rasa lokal indonesia.
      Ok sebelum kita memulai belajar,kalian harus membaca pesan dari saya:
Ø  Kalau ada galer yg membaca ini,saya sangat sarankan untuk menghapus mod mod $ale karna itu adalah tindakan merugikan orang lain.membuat mod itu tak semudah goreng telur,harus mempunyai ketelitian yg rumit sehingga menjadi mod yg berkualitas. Ok,buat para illegaler,tobatlah,saya tau galer itu kebanyakan adalah anak anak yg masih ingusan,tolong dimengertilah sejenak dan berfikir jikalau mod $ itu punya kamu dan di ilegalkan orang lain,pasti kamu sakit hati.coba pikirkan baik baik oce J
Ø  Dilarang membagikan tutorial ini tanpa sepengatuhan dari saya,jika kalian membagikan ke orang lain tanpa pemberitahuan saya,itu berarti anda sama saja dengan GALER.
Ø  Pelajarilah ilmu ini secara otodidak,dijamin kamu akan bisa menguasinya.
Jika kamu masih kebingungan,kamu bisa menanyakan ke grup ETS2 Developer Indonesia.
Ø  Ok pesan terakhir saya adalah jangan lupa SHALAT dan Berdoa. saya (ibad) mendoakan kalian yang membaca tutorial ini agar cepat dipahami…..amin.
Ok karna kalian kayaknya udah mulai greget pengen ngebaca tutorialnya,yuk kita belajar secara bertahap,etssss,jangan terburu buru,santai aja sambil ngopi atau makanin beras biar cepet hapal hihihihi orang dulu mitosnya :v :v
Untuk beberapa alat dan softwarenya,semua sudah saya sertakan di grup ETS2DI,jadi jangan bingung untuk mencari bahan karna semua ada di grup kita…… 

TUTORIAL MEMBUAT MODEL,PREFAB,DLL BAB 1

Ok di bagian pertama,kita akan menginstal software,apa yg di kudu diperlukan?
1.       Blender versi terbaru,instal blender di D:/ atau E:/ .asalkan jangan di C:/  ya :) Fungsi : Ya kalian pasti tau dech….yaps untuk membuat model.
2.       Easy2convert PNG to TGA
Fungsi : Untuk mengkonvert tekstur dari png ke tga
3.       Easy2convert TGA to PNG
Fungsi : Untuk mengkonvert tekstur dari tga ke png
4.       Aplikasi pengedit gambar seperti PS,Corel,Paint.ok disini kita memakai yg bawaan windows yaitu paint.
Ok,setelah software yg dibutuhkan sudah siap dan sudah di instal semua,sekarang kita membutuhkan addon dari scs yaitu
5.       Blender Tools versi terbaru (ada di grup) Fungsi : Untuk memasang addon kedalam blender.
6.       Converter pmd ke pim .
Fungsi : Untuk merubah model pmd menjadi pim agar dapat di import oleh blender.
7.       Conversion Tools.
Fungsi : Untuk mengkonvert pim ke pmd,karna model terexport dengan format pim gan,jadi di rubah dulu ke pmd dengan tools ini.dibaca gan,jangan terburu buru.
Ok bro…..setelah semua software diinstal,sekarang kita persiapkan blender dan memasang addon yg dibutuhkan,
Ok sekarang buat folder ‘Modelling’ (sebenernya apa aja boleh hehe) .sebagai contoh saya membuat folder ini di drive D:/ .ok setelah dibuat folder,sekarang buat folder lagi didalam folder Modelling yaitu:
       Tools
Pindahkan Blender tools,converter pmd ke pim dan conversion tools di folder ini,oh ya,sebelumnya di ekstrak dulu yah,kan masih berformat winrar :) .
       Base
Folder ini bertujuan untuk menyimpan projek model yang masih mentah (file masih tga bukan dds dan model masih pim bukan pmd),buat folder model,prefab untuk menyimpan model kita.
       Tekstur
Folder ini ditujukan untuk menyimpan image tekstur untuk model
       Base ibad 
Folder ini berfungsi untuk menyimpan model yg sudah lulus dan membuat base baru,didalam folder ini,buat folder def,material,model,prefab,dll yg ada di base.
Ok sekarang,buka folder Tools/Blender tools/addon . nah di dalam folder addon,ada folder bernama io_scs_tools,folder ini,kita copy ke instalan aplikasi blender,contoh D:/Instalan blender/2.78/scripts/addon lalu pastekan io_scs_tools ke di dalam folder addon di tempat penginstalan blender tersebut.
Ok setelah selesai melakukan pemindahan,sekarang buka Blender. 
Tampilan Blender ketika dibuka
Eaaaa……Sekarang klik file (pojok kiri atas) lalu pilih user preferences.lalu akan muncul jendela baru.
       Pilih tab Add-ons.
       Dikotak pencarian,ketikan “scs”.
       Centah addonnya.
       Klik refres.
       Klik save user setting.
Lalu close window pengaturan dan kembali ke tampilan awal.
Ok sekarang kita atur posisi tab agar memudahkan kita dalam membuat model,caranya ikuti langkah ini:
       Arahkan ke tab “scs tools”.
       Geser tab  dan posisikan sesuai selera kamu.
       Turunkan tab yg ada di bagian bawah agar jarak pandah terlihat agak luas. Ok lihat yg ke dua
Pindahkan objek “lamp” ke objek “camera”
Ok lihat gambar ke tiga
       1.Klik lamp atau object masih “lamp”.
       2.Tekan N.
       3.Nanti ada tab baru di sebelah kanan.
       4.Rubah isinya menjadi 00000
       5.Rubah juga isinya menjadi 0
       6.Centang “Lock camera to view”
Ok gambar keempat,masih lanjut dengan gambar ke 3
       Bagian tab yg ada di kanan,di scrool dulu kebawah.
       1.Ganti multitexture menjadi GLSL
       2.Tekan ALT+P
       3.Pilih “Clear parrent inverse” 
Otomatis,,lamp akan pindah ke objek camera
       Ok sekarang tekan N lagi supaya tab yg ada di samping hilang agar  jarak pandang lebih luas. Sekarang masuk ke menu ini

       1.Pilih menu itu
       2.Ganti menjadi “sun” Done!!!! 
Ok,sekarang kita posisikan tab scs ke urutan teratas,kalian g paham ya,nih contohnya:
       1.Geser setiap tab scs ke urutan teratas
       2.Geser tabnya
       3.Geser seluruh tab scs pada menu di nomor 3 itu.
Ok sekarang klik pada “cube” otomatis menu akan bertambah
Posisikan tab scs pada menu menu itu,kecuali pada bagian texture.
Lihat gambar seperti ini:
Posisikan tab scs dibagian ke seperti gambar diatas agar mudah dalam membuat model.
Ok setelah semua tab diposisikan secara rapih,sekarang masuk ke bagian ini !!! Masuk ke tab pertama 
       Di bagian scs project base path,sekarang klik icon folder dan sekarang masuk ke folder yg kita buat tadi,yaitu base,contoh D:/Base/ 
1.Cari foldernya (D:/Base/) nah itu didalam folder base tuh.
2.Itu folder didalam folder base gan,tadi disuru buat folder model,prefab dll,nah itu dia.
3.Klik itu.
       Ok,agar tidak memerah 
Atau error,sekarang copy file ini: 
Ets,model.ibad.sii dan prefab.ibad.sii di abaikan aja yah J 
File itu,pindahkan ke dalam folder base/def/world dan pastekan ke dalam folder world,klo belum ada folder world,bikin dulu lah hehe. :v
       Ok sesudah dipindahkan,sekarang masuk ke 
Bagian pertama,pilih trigger action.sii dengan cara klik icon folder, dan cari file tersebut lalu klik select ***** action file (**** bisa jadi trigger,sign dll).
Ok lakukan hal yang sama di bagian itu.
       Untuk shader select library,klik file lalu cari txtnya di D:/Modelling/Tools/blender tools/addon/shader_preset.txt ,klik select shader preset library file. Ok sekarang masuk bagian conversion tools 
       Lalu cari conversion tools yg udah kita extrak tadi,yaitu D:/Modelling/tools/Conversion tools
Lihat gambar di atas.
Ok karna semuanya sudah di setting,sekarang tekan CTRL+U lalu klik save startup file… Ok di bagian awal sudah selesai sekarang masuk ke tahap ke dua 


BAB 2


Ok dibab dua ini,kita akan bikin model,nah sebagai contoh,kita akan membuat model seperti ini : 
Ok pertama kita siapkan teksturnya,nih texstur yg sudah say buat pake paint:
Peringatan : Size texture harus (4,8,16,32,64,128,256,512,1024,2048,4096) contoh : 512x512 pixel,kalu kalian meresize tekture contoh 123x578,maka nanti di map editor akan ada pesan error yg berbunyi “mimapping not supported npot file”.
Ok cara meresize dari paint caranya (lihat gambar) 
       1.Pilih menu itu
       2.Ceklis pixels
       3.Unceklis Maintain aspec ratio
       4.Isi size (contoh 1024x1024)
       5.Klik ok

Ok setelah mengatur ukuran pada tekstur,sekarang kita buat texturnya,sebelumnya saya sudah membuat teksturnya seperti dibawah ini : 
Ok setelah selesai mengedit tekstur,sekarang save as dengan format png lalu simpan di D:/Modelling/Base/model/
Ok setelah disave,sekarang buka Easy2convert PNG to TGA (tekan start,ketikan TGA lalu pilih png tga) 
Nah sekarang kita convert textur png tadi menjadi tga :
       1.Drag PNG ke aplikasi itu
       2.Klik convert
       3.Klik ok
Lalu hapus png dan sisakan tga yg sudah kita convert.

Ok sekarang kita bikin modelnya di blender.ok sekarang buka blender  
Sekarang edit model cube menjadi membentuk seperti pom mini 
       0.Pilih bagian itu.
       1.Atur/sesuaikan agar membentuk seperti body pom mini.

Jadi seperti ini:  
Ok sekarang kita tekan spasi lalu tulis “cube” dan enter.nanti ada model baru lagi
Bentuk modelnya menjadi seperti ini (dibentuk seperti cara di atas)  
Pindahkan ke menu  

Lalu geser ke posisi seperti gambar kedua diatas.

Sekarang tekan tab,dan otomatis akan masuk ke edit mode  
Di bagian ini,sekarang kita tekan SHIFT+D lalu geser mouse.maka model akan ke copy dan pindahkan copyan model tersebut ke sebelah kirinya. :)
Ok model batangnya jadi dua.ok sekarang tekan tab lagi dan otomatis akan masuk ke object mode,sekarang kita buat atapnya.

Tekan spasi lalu ketik cube dan tekan enter.otomatis akan ada model baru,sekarang bentuk model tersebut menjadi seperti ini: 
Ok kalau semua bentuknya udah kayak gini,sekarang kita masuk ke bagian texturing.

Ok di bagian texturing,sekarang kita masuk ke menu : 
Lalu di bagian SCS Material,pilih dif spec  
Lalu,klik shadow dan add vertek color to active. 
Geser ke bawah  
Lalu klik file dan cari tektur yg tadi kita buat,yaitu tga  
Klik file tganya lalu klik select shader texture file. 
1.       Pilih/masuk ke menu itu.
2.       Klik + 

Ok sekarang balik lagi ke menu ini  
1.Klik / balik lagi ke menu itu
2.Pilih “UV map”
3.Pilih material untuk melihat hasilnya.
Ok kita sudah mengasih texture ke modelnya,sekarang rapihkan modelnya dengan cara :
Ø  1.Tekan TAB atau masuk ke edit mode

Ø  2.Tekan U lalu pilih “smart UV project 
Ø  Lihat gambar di atas lalu klik ok.

Ø  Ok sekarang kita masuk ke tab baru 
1.Klik itu lalu seret ka kiri,nanti muncul jendela seperti di atas
2.Pilih UV Image Editor
3.Klik logo image dan pilih tekstur tadi 

Ok sekarang kita atur templatenya dan sesuaikan dengan teksturnya agar terlihat rapih  
Sesuaikan seperti gambar dibawah ini 
Ok sekarang atur kita edit model batangnya,caranya sama dengan cara yg pertama : 
Dan sekarang kita edit bagian atapnya.oh iyaane lupa,sebelumnya di ……(gambar dibawah) 
Lalu scrool ke bawah dan klik add vertek color to active.lalu edit hingga menjadi model seperti gambar di bawah ini  
Ok model sudah diberi warna,sekarang drop tiap model ke satu model tertentu  
Lalu klik cube 

Dan klik add root 

Lalu model akan menjadi kayak gini  
Ok sekarang kita export modelnya dan sekarang kita masuk ke menu ini  

Scrool ke bawah,cari tulisan “export” 

Klik file,lalu cari tempat yg mau di export modelnya,yaitu D:/Modelling/Base/Model/ 

















Ok sekarang klik EXPORT.Jika export selesai,maka akan ada pesan: 
Ok scrool ke bawah.

Pada bagian mod packing,klik icon konci lalu pilih Euro Truck Simulator 2 dan Pada bagian
<Mod Name>,ganti menjadi “test”

Centang autoclean,export,convert lalu klik pack mod.maka akan ada jendela kayak cmd……tunggu saja…. 
Jika sukses mengkonvert,maka akan ada pesan 
Otomatis langsung ada di folder mod (mydokumen/ETS2/mod)

Oke sekarang kita buka zipnya  
Kita cek folder model 
Ok semua sudah terkonvert menjadi pmd dan tga menjadi dds,sekarang kita buat script ini: 
Lalu kita save dan jika ada pesan winrar klik ok aja.ok sekarang kita test di map editor……. 
Yeay model sudah jadi yeyeye…..

Ok karna di bab 2 ini membahas tentang cara membuat model,sekarang kita masuk ke bab3 

BAB 3 


Ok di bab 3 ini,kita akan mempelajari cara membuat prefab,disini kita melanjutkan BAB2 yahhh…..jadi model di bab2 kita jadikan seperti ini oke :) [gambar dibawah .Abaikan Errornya hehe]. 
Ok blendernya jangan di close dulu,karna kita akan merubah modelnya dan menambahkan icon seperti gambar di atas.

Ok sekarang kita geser objek yg ada di sini 

Pindahkan cube ke mana saja (seperti gambar di atas) dan disitu hanya menyisahkan objek ‘game_object’ ok klik game object.

Ok sekarang hapus game object (sumbu x,yz) dengan cara menekan tombol DEL di keyboard 
Maka sumbu add root akan terhapus,sekarang tekan SHIFT+A 
1.Tekan shift+A lalu pilih SCS Object lalu pilih prefab locator,dan pilih control node dan ok. 
Ok nanti akan muncul object seperti ini 
Sekarang tekan SHIFT+D lalu prefab locatornya akan menjadi dua,geser seperti ini ( 
Sekarang tekan R lalu posisikan prefab locator seperti gambar di bawah ini  
Lalu pilih salah satu node merah yang akan kita select,sebagai contoh saya menselect node merah sebelah kiri (seperti gambar diatas).

Sekarang kita masuk pada bagian ini (gambar dibawah) 
      1.Klik salah satu node
      2.Masuk ke tab object
      3.Pilih node index
      4.Ganti 0 menjadi 1

Maka node akan berubah menjadi hijau,ok sekarang kita tambahkan iconnya dengan cara Tekan shift+a lalu klik SCS Object lalu pilih prefab locator dan pilih spawn point.(gambar di bawah) 

Maka akan muncul object baru seperti gambar di bawah ini dan posisikan objek itu ke bagian depan pom mini
Ok kita masuk ke bagian ini 

Di bagian spawn type,sekarang ganti “none” menjadi “gas station” 
Ok sekarang semua sudah selesai,sekarang pindahkan pl1,pl001,pl002 ke dalam object base  

Abis itu klik ADD ROOT  
Ø  1.Klik add root
Ø  2.Maka akan muncul object sumbu x y z

Ø  3.Ganti “game_object” menjadi “pom_mini” 

Ok sekarang kita export  

Tapi kita exportnya jangan di folder model,tetapi folder prefab yah J klik export dan tunggu  Hingga ada pesan 

Nah sekarang kita pack mod,sama caranya seperti di bab 2,tetapi sebelumnya,model yg sudah di pack yg ada di folder mod,kita hapus biar ga bentrok,jadi folder mod kosong alias ga ada isinya.

Lalu pack mod dan tunggu sampai selesai. 
Ok sekarang kita cek di folder mod dan kita buka zip nya 
Kita cek folder prefab 
Iya sekarang model sudah jadi pmd,sekarang kita buat script 
Kita buka dan sesuaikan path/lokasi model tersebut 

Lalu save dan kalau ada pesan ini 
Klik yes
Ok sekarang kita buka ETS2 lalu masuk ke map editor,dan kita check….

Yeay…..sekarang prefab sudah terbaca 

Dan sudah ada icon bensinnya,….silahkan isi ulang hehehe…….
Ngopi+oko dulu bos biar ga stress hahaha….

Ok sekarang kita masuk ke bab4 

BAB 4

Di BAB 4 ini,kita akan belajar cara menambahkan traffic rule pada prefab tersebut.

Ok kita kembali lagi pada blender,sekarang pindahkan object cube dan hapus root object seperti di bab 3 

Sekarang,tekan shift+A lalu pilih SCS Object lalu pilih prefab locator (gambar di bawah) 

Lalu pilih navigation point lalu klik ok 
Nanti akan muncul object seperti ini 
Tekan shift+D lalu buat 4 bagian 
Posisikan ke empat object tersebut seperti ini : 
Ok sekarang tekan C ,maka mouse akan membundar 
Lalu klik di kedua object tersebut 
Ok sekarang masuk ke menu object type,lalu geser ke bawah dan klik connect navigation point 
Sekarang lakukan hal yg sama seperti bagian pertama,sambung node seperti ini  
Sekarang,pindahkan node merah dan hijau di bagian (seperti gambar di bawah ini) 
Lalu klik traffic rule dekat node hijau dan rubah seperti ini 
Boundary diubah menjadi output lane,kenapa?karna itu adalah jalur keluar/selesai membeli bensin.

Lalu pada bagian boundary node,ubah menjadi satu,kenapa?karna boundary pada node hijau itu adalah satu  
Jadi,traffic rule yg ada di akhir atap awal harus dirubah dan pada bagian boundary node,itu harus sama dengan node ,contoh seperti di atas,node indexnya ‘1’ lalu boundary node pada traffic rule juga harus satu..
Ok sekarang,traffic rule yg ada di tengah,engga usah di edit bro…….langsung kita edit di bagian sebelah kanan.
Caranya sama seperti di atas,tetapi pada boundary node,dirubah menjadi “0” karna node indek yang merah itu adalah 0….

Dan pada bagian boundary,ganti ‘none’ menjadi input lane 0 ..kenapa input? Ya kalian tau deh itu adalah pintu masuk sebelum kita membeli bensin hehehe… 
Ok setelah semu di edit,sekarang kita pindahkan object prefab locator kedalam objek cube 

Lalu klik object cuba dan ADD ROOT lalu ganti namanya dari game_object menjadi pom_mini 

Lalu export dan pack mod
Lalu buatkan script dan kita test di map editor

Jika ada error yg entah ga jelas sebabnya apa,you bisa hapus 
Ketiga file tersebut yg berada di folder editor.

Sekarang kita check di Map editor 
Yap model,traffic rule,dan prefab locator lainnya sudah terbaca dengan baik yeay
Ini tutorial belum seberapa,tapi bisa donk di pahami dan belajar secara otodidak tanpa bantuan siapapun seperti saya.
Maaf saya masih NEWBIE,kalau ada kesalahan dalam penulisan atau lainnya,silahkan kritikan dan saran di komentar pada grup ETS2DI,sekian terima djanda dari saya dan mohon maaf yang sebesar besarnya karna saya hanya menulis sedikit tutorial karna saya malas melanjutkannya..untuk itu,nikmatilah tutor ini…..
Ingin dibaca secara offline???download pdf nya di sini
Thanks to
Ø  SCS Software
Ø  Anggota dan pengurus ETS2 Developer Indonesia
Ø  Youtube
Ø  My Laptop

Ok sekian….wassalamualaikum wr.wb……. 

10 komentar:

  1. Saya Sudah Mulai Mengenal Lebih Dalam Mas tentang blender.Makasih Tutorialnya.#Agrian_Jovanzki

    BalasHapus
  2. 1.Klik / balik lagi ke menu itu
    2.Pilih “UV map”
    3.Pilih material untuk melihat hasilnya.

    pas yang ke 3 kok aku gak bisa ya ?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Tutorialnya lengkap mudah di pahami. Sedikit tambahan png to tga pakai ps bisa. Jadi gk double2 aplikasi. Untuk yg galer tu bocah ingusan yg gk tw malu

    BalasHapus
  5. Mas saya udah bikin model prefabnya,udah di kasih material.
    Tapi pas masuk map editor kok modelnya jadi warna merah

    BalasHapus
  6. Paker sketchup gak bisa?

    BalasHapus
  7. Mank, nggak bisa, merah jadinya model nya

    BalasHapus
  8. manhz klo pke sketchup bisa ndak ?

    BalasHapus