Kali ini saya akan memposting tutorial cara memasang add-on scs tools pada blender dan mensettingnya agar dapat digunkan untuk membuat model ETS2.
Tanpa banyak ba-bi-bu ok langsung saja.
Mempersiapkan File
1.Unduh beberapa software ini:
- Blender (Jangan instal di C:/)
- Easy2Convert PNG to TGA
- Easy2Convert TGA to PNG
Instal semua software tersebut kecuali blender,instal blender di D:/ atau disk selain C:/.jika kalian instal di c,maka akan ada masalah saat memasang addon
2.Unduh beberapa tools ini:
Ekstrak semua file tersebut.
Untuk memasang addon,kalian harus mengekstrak scs tools,setelah di ekstrak masuk ke folder blender_tools/addon/ lalu copy folder "io_scs_tools" dan pastekan di tempat penginstalan blender yaitu di folder 2.78 (tergantung versi)/scripts/ addon...pastekan di dalam folder addon.
Setelah di pasang,sekarang buka blender.
Tampilan saat pertama kali buka blender |
Blender user preferences |
Klik save user setting dan exit.
Ok sekarang hapus semua objek yang ada dengan menekan A lalu tekan X dan klik delete.
Membersihkan workspace |
Workspace kosong |
Tab scs tools |
Melebarkan tab kanan |
Menepatkan cursor di tengah |
Menambahkan model cube |
Properties |
Urutkan setiap tab scs ke bagian awal |
Lakukan hal yang sama pada tab tab berikutnya!
Urutkan setiap tab scs ke bagian awal |
Urutkan scs materials seperti gambar diatas |
1.Drag ke kiri agar tab baru muncul.
2.Klik disitu.
3.Pilih outliner.
Menu outliner |
Konfigurasi pada tab scene |
Pertama tama,kalian buat folder base.
Buat folder base |
Didalam folder base,buat 4 folder dengan nama "def,material,model dan prefab"
Beberapa folder yang ada di dalam folder base |
Sekarang,copy/cut file ini:
File sii |
Copy file tersebut lalu pastekan di dalam folder world yang tadi kalian buat.
Setelah di copy,sekarang ambil file material.db,jika kalian sudang mengekstrak base.scs menggunakan scs_extracktor,file material.db ada di folder material/material.db....jika sudah,copy material.db dan pastekan ke folder material yang tadi kita buat.
Setelah semua selesai,maka hasilnya akan menjadi seperti ini:
Path setting scs tools |
Menu conversion tools yang masih kosong |
Cari folder yang berisi conversion tools |
Conversion tools |
Edit menu export panel |
- Tempat kamu menyimpan model buatan kamu,klik browse untuk menyimpan ditempat yang diinginkan.
- Pada mod packing,klik pada nomor 3 atau icon kunci lalu pilih "Euro Truck Simulator 2"
- Klik icon kunci lalu pilih ETS2.
- Isi dengan nama terserah kalian.
- Centang autoclean.
Keterangan : Kalian bisa menyimpan model itu di folder apa saja,saya sarankan di folder model agar lebih terstruktur,dan pad bagian mod packing,fungsinya adalah agar model yang sudah diolah otomatis ada di folder mod (document/ets2/mod) dengan mengklik icon kunci lalu pilih euro truck simulator 2,dan dibagian 4 itu berfungsi agar model yang kita olah,nantinya akan menjadi arsip (zip) dan nama dari arsip tersebut adalah nama yang kamu tulis disitu,selanjutnya centang autoclean agar model yang kamu buat tidak bercampur dengan model yang lama sehingga ketika kalian membuat satu model dan di base kalian terdapat di model,maka conversion tools akan mengupdate dan akhirnya,model sebelumnya tidak terarsip (ikut) ke dalam pack model.
Ok sekarang tekan CTRL-U atau klik file lalu save user setting,fungsinya ketika kamu menjalankan blender kembali,maka,settingan tidak akan hilang,jika kamu tidak mensave user setting,maka ketika kamu membuka kembali blendernya,maka tampilan blender akan kembali dari awalnya.
Itulah tutorial memasang addon scs tools pada blender semoga bermanfaat selamat belajar :)
ijin
BalasHapusMas , pas di def > world itu kog file traffic_rules.compact.sii gak ada ya ??
BalasHapusmass, tutorial defnya yg bawaan scs ngak bisa dibuka,
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusCara drag scs nya keatas gmn?
BalasHapusthanks bang atas tutuorialnya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTapi boonk :v
Makasi tutorna