Kamis, 21 September 2017

Cara membuat script untuk model

Ok gan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat script untuk model,prefab atau sign yang baru ke dalam base kalian.
Script berfungsi untuk menentukan letak model tersebut agar terbaca oleh map editor atau game engine,selain itu,dapat memudahkan kita mencari model yang kita pilih dengan menambahkan script "category" agar pada map editor,terdapat kategori yang bisa kita tulis dengan kategori apa saja.misalnya bangunan,kendaraan,pohon,lampu,warung dan lain sebagainya.
Dalam membuat script,jangan sampai salah,jika salah,bisa bisa,map editor akan CRASH.entah itu penyebabnya salah script,bentrok dengan script yang lain,atau sebagainya.

belajar mengedit script model
Untuk membuat script model,kalian persiapkan dulu 1 file,namanya model.sii ,ambil/copy file tersebut dari file bawaan SCS ,jika kalian belum mengekstrak def.scs yang berada di tempat penginstalan game ETS2 nya,segeralah ekstrak menggunakan scs_extractor.exe.jika belum paham,baca tutorial cara mengekstraknya disini (link).
Setelah itu,pindahkan ke folder world (def/world),ganti namanya menjadi "model.ibad.sii (kata"ibad" bisa diganti apa saja,bisa nama kalian atau ya terserah kalian :),setelah di ganti,buka model.ibad.sii menggunakan wordpad/notepad,setelah itu,copy script seperti contoh gambar dibawah:
Setlah dicopy (klik kanan+copy),sekarang tekan CTRL-A maka,script akan terselect semua
Abis itu,tekan DEL atau BACKSPACE,maka,semua dari isi script tersebut kosong.lalu,sekarang tekan CTRL-V (Paste)
lalu,pada akhir script,tambahkan "}" agar tidak crash.
Ok sekarang,kita jelaskan lebih rinci:
1.Tag # (hash) disitu berfungsi untuk komentar,maksudnya kalian bebas menulis apapun disitu,contoh menulis "model by ibad" atau semacamnya terserah kalian.
2.model_def ,berfungsi untuk mengurutkan model agar tertata rapih di map editor,kalian bisa menulis apa saja,contoh model.1,tetapi,jika ada script lain yang menggunakan urutan yang sama,maka akan crash saat masuk map editor karna bentrok sama file yang menggunakan urutan yang sama.
3.model_desc : nah ini adalah bagian yang menentukan letak model itu ditaruh,jika kalian menaruh modelnya di folder model/blabla1/blabla2 (contohnya),maka,kalian harus edit script tersebut seperti ini "model_desc:/model/blabla1/blabla2/model.pmd.tapi jika ada satu huruf yang tetinggal,maka model tidak akan telihat pada map editor dan game engine akan menunjukan error di atas layar PC kamu.
4.category.sebenarnya kamu bisa sih menghapus/tidak menggunakan script ini,tetapi kalian akan kesusahan mencari model yang ingin kalian cari,fungsi dari script ini yaitu mengkategorikan bagian bagian model dalam satu kategory,misalkan kalian membuat model bangunan,tambahkan kategori bangunan dan pada saat jendela model (E-4) pada map editor muncul,terlihat beberapa kategory dan pilihlah model dengan kategori yang kalian buat tadi.
5.penutup kali.
Untuk mengedit script prefab dan sign,caranya seperti diatas,tinggal mengurutkannya saja.
Ok itu saja tutorial dari saya,semoga bermanfaat selamat mapping :)

0 komentar:

Posting Komentar